Pengembangan Aplikasi Reminder Berbasis Whatsapp Untuk Meningkatkan Efektivitas Pendampingan Pasien Kanker Payudara Oleh Relawan Paliatif
Keywords:
kanker payudara, kepatuhan terapi, sistem reminder, whatsapp, perawatan paliatifAbstract
Program pengabdian masyarakat ini bertujuan untuk mengembangkan dan mengimplementasikan aplikasi pengingat berbasis WhatsApp guna meningkatkan efektivitas pendampingan pasien kanker payudara oleh relawan paliatif di Kecamatan Junrejo, Kota Batu. Program ini mengatasi tantangan kepatuhan pasien terhadap terapi dan keterbatasan relawan paliatif dalam memberikan dukungan yang konsisten. Metode yang digunakan meliputi perancangan sistem pengingat WhatsApp yang mudah digunakan, pelatihan relawan paliatif, dan implementasi sistem selama tujuh bulan. Aplikasi pengingat menggunakan format pesan terstruktur untuk menjadwalkan pengingat obat, janji temu, dan penyampaian konten edukasi. Hasil dari fase implementasi awal menunjukkan tingkat keberhasilan pengiriman pengingat yang tinggi (77,38%), mengindikasikan potensi peningkatan kepatuhan pasien dan efisiensi relawan. Kemampuan sistem dalam menangani jadwal pengobatan yang kompleks dan mempersonalisasi perawatan untuk beberapa pasien secara bersamaan menunjukkan potensinya dalam meningkatkan manajemen perawatan paliatif. Inisiatif ini memperlihatkan integrasi teknologi dalam sistem pendukung kesehatan, yang berpotensi menjadi model untuk intervensi serupa dalam pengelolaan penyakit kronis.
References
Braun, V., & Clarke, V. (2006). Using thematic analysis in psychology. Qualitative Research in Psychology, 3(2), 77-101. https://doi.org/10.1191/1478088706qp063oa
Budiman, A., Khambri, D., & Bachtiar, H. (2013). Faktor yang mempengaruhi kepatuhan berobat pasien yang diterapi dengan tamoxifen setelah operasi kanker payudara. Jurnal Kesehatan Andalas, 2(1), 20-24. https://doi.org/10.25077/jka.v2i1.62
Creswell, J. W., & Creswell, J. D. (2017). Research design: Qualitative, quantitative, and mixed methods approaches (5th ed.). SAGE Publications.
Gandapur, Y., Kianoush, S., Kelli, H. M., Misra, S., Urrea, B., Blaha, M. J., Graham, G., Marvel, F. A., & Martin, S. S. (2016). The role of mHealth for improving medication adherence in patients with cardiovascular disease: a systematic review. European Heart Journal-Quality of Care and Clinical Outcomes, 2(4), 237-244. https://doi.org/10.1093/ehjqcco/qcw018
Hendra, G. A., Rollando, R., & Swastika, W. (2023). Pemberdayaan Relawan Paliatif dalam Peningkatan Pengetahuan Terapi Primer dan Terapi Alternatif Penyakit Kanker Payudara dengan Aplikasi Pikkapa Berbasis Android. I-Com: Indonesian Community Journal, 3(4), 1921-1930.
Kamel Boulos, M. N., Giustini, D. M., & Wheeler, S. (2016). Instagram and WhatsApp in health and healthcare: An overview. Future Internet, 8(3), 37. https://doi.org/10.3390/fi8030037
MacDonald, C. (2012). Understanding participatory action research: A qualitative research methodology option. Canadian Journal of Action Research, 13(2), 34-50. https://doi.org/10.33524/cjar.v13i2.37
Panigoro, S. S., Ramli, M., Karsono, R., & Sari, L. (2020). Hubungan Ekspresi miR-21 dan miR-200c dengan Respons Terapi Sistemik Neoajuvan Pasien Kanker Payudara Stadium Lanjut. eJournal Kedokteran Indonesia, 8(1), 382072. https://doi.org/10.23886/ejki.8.11803
Rokom. (2022, February 2). Kanker Payudara Paling Banyak di Indonesia, Kemenkes Targetkan Pemerataan Layanan Kesehatan. Sehat Negeriku. https://sehatnegeriku.kemkes.go.id/baca/umum/20220202/1639254/kanker-payudaya-paling-banyak-di-indonesia-kemenkes-targetkan-pemerataan-layanan-kesehatan/
Thakkar, J., Kurup, R., Laba, T. L., Santo, K., Thiagalingam, A., Rodgers, A., Woodward, M., Redfern, J., & Chow, C. K. (2016). Mobile telephone text messaging for medication adherence in chronic disease: A meta-analysis. JAMA Internal Medicine, 176(3), 340-349. https://doi.org/10.1001/jamainternmed.2015.7667
World Health Organization. (2023, March 26). Breast cancer. https://www.who.int/news-room/fact-sheets/detail/breast-cancer
Zuhri, A., Putra, H. R., Fazri, A., & Miftahurrahmah, M. (2022). Aplikasi Pesan Instan Accessible Di Era Komunikasi Kontemporer Tahun 2022 Bagi Digital Natives Indonesia. Komuniti: Jurnal Komunikasi dan Teknologi Informasi, 14(2), 165-189. https://doi.org/10.23917/komuniti.v14i2.16460