Rekayasa Teknologi pada Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila Peserta Didik Fase A Kurikulum Merdeka
Keywords:
rekayasa, teknologi, pelajar pancasila, kurikulum merdeka, sekolah dasarAbstract
Stigma bahwa perkembangan teknologi tidak penting diimplementasikan pada pendidikan dan minimnya sarana menjadi problem utama. Prasarana yang kurang mendukung juga menjadi problem utama rendahnya laju adaptasi perkembangan teknologi untuk implementasinya dalam dunia pendidikan. Hal ini yang mendorong kami melalui Program Ma Chung Abdimas Grant Ipteks bagi Masyarakat dengan judul Rekayasa Teknologi pada Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila peserta didik Fase A Kurikulum Merdeka. Kegiatan pengabdian ini dilaksanakan pada mitra SDK Yos Sudarso Kepanjen. Adapun ipteks yang dibagikan berupa rekayasa teknologi untuk implementasinya pada peserta didik fase A atau siswa kelas 1 dan 2. Dan para guru juga diberikan pelatihan hal yg sama guna kemudahan keberlanjutkan diperiode mendatang. Ipteks yang dibagikan yaitu pemanfaatan aplikasi quizzy dan scratch untuk pemantik daya kreatifitas anak serta memberikan literasi komputasi sedini mungkin. Kegiatan pengabdian ini dilakukan dalam 3 tahapan yaitu planning, executing dan closing. Secara rinci terdiri dari 9 langkah yaitu kick off meeting, penjawalan, pembuatan modul, training untuk tutor, pelatihan, workshop siswa, pameran gelar karya yang akan dipublikasikan dalam media masa elektronik, evaluasi, pelaporan dan publikasi ilmiah. Hasil dari kegiatan ini berupa rekayasa teknologi untuk mengenalkan transportasi, permainan suara kendaraan, menggambar dan mewarnai kendaraan, bernyanyi dan bergerak, berkisah tentang kendaraan yang baik hati, boardgame transportasi, membuat rambu-rambu lalu linta, obervasi alat transportasi secara digital, mendesain transportasi masa depan. Rekayasa teknologi menggunakan Aplikasi Scratch juga dibagikan dengan susunan materi pengenalah menu dan object, merubah warna, memberi suara, menggerakkan object, menambah sprite dan latar belakang, dan latiha membuat game animasi ayo menari dan tangkap apel.
References
Astuti, A. D., Nurun Ni’mah, & Dedy Setyawan. (2024). Pelatihan Penyusunan Modul Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) Dalam Kurikulum Merdeka. Bijaksana: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(2), 17–21.
Astuti, A. D., Nurun Ni’mah, & Dedy Setyawan. (2024). Pelatihan Penyusunan Modul Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) Dalam Kurikulum Merdeka. Bijaksana: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(2), 17–21.
MIT Media Lab. (n.d.). Scratch - Halaman Utama. Diakses pada 19 Februari 2024, dari https://scratch.mit.edu
Quizizz. (n.d.). Beranda. Diakses pada 19 Februari 2024, dari https://quizizz.com/?lng=id
Ramliyana, R., Ramdhan, V. (2021). PENERAPAN APLIKASI BERBASIS SMARTPHONE QUIZIZZ DALAM PEMBELAJARAN ONLINE DI ERA NEW NORMAL
Valtin, M., Salchow, C., Seel, T., Laidig, D., & Schauer, T. (2017). Modular finger and hand motion capturing system based on inertial and magnetic sensors. Current Directions in Biomedical Engineering, 3(1), 19–23. https://doi.org/10.1515/CDBME-2017-0005
Widodo, R.B., Haryasena, A.B., Setiawan, H., Subianto, M., Irawan, P.L.T., Lusiandri, A.Y., Suharso, D.D., Ardiansyah, & Iskandar. (2019a). The IMU and Bend Sensor as a Pointing Device and Click Method. Proceedings - 2019 International Seminar on Intelligent Technology and Its Application, ISITIA 2019, 294–297. https://doi.org/10.1109/ISITIA.2019.8937086
Widodo, R.B., Quita, R.M., Setiawan, R., & Wada, C. (2019b). A study of hand-movement gestures to substitute for mouse-cursor placement using an inertial sensor. Journal of Sensors and Sensor Systems. https://doi.org/10.5194/jsss-8-95-2019
Widyanto, A., Permata Putri, M., Sri Handayani, F., Yunifa, W., Adelin, Veronica, M., Sulaiman, A., Agung Darmawan, M., Amelia Putri, D., Reza, K., Oktariyani, P., & Ainun, N. (2024). Implementasi Proyek P5-Berekayasa dan Berteknologi Melalui Pengenalan Dasar Pemrograman Scratch Bagi Siswa SMP Bina Cipta Palembang. Jurnal Pengabdian Masyarakat Mandira Cendikia, 3(1), 557–564.
Widyanto, A., Permata Putri, M., Sri Handayani, F., Yunifa, W., Adelin, Veronica, M., Sulaiman, A., Agung Darmawan, M., Amelia Putri, D., Reza, K., Oktariyani, P., & Ainun, N. (2024). Implementasi Proyek P5-Berekayasa dan Berteknologi Melalui Pengenalan Dasar Pemrograman Scratch Bagi Siswa SMP Bina Cipta Palembang. Jurnal Pengabdian Masyarakat Mandira Cendikia, 3(1), 557–564.