Pelatihan Digitalisasi Pembelajaran pada Guru-Guru PAUD Sekolah Penggerak Kabupaten Malang
Keywords:
Software, Guru, Media Belajar, Canva, CapcutAbstract
Peningkatan kecepatan komputasi, perkembangan software, dan konektivitas yang semakin luas telah membuka pintu untuk inovasi yang tidak terbatas. Dimasa ini juga, penting sekali bagi kita untuk memahami bagaimana teknologi informasi tidak hanya memengaruhi bisnis dan industri, tetapi juga memberikan dampak sosial, ekonomi, dan budaya yang mendalam.
Banyak orang diluar sana yang masih belum mengenal dan mengerti cara kerja teknologi baik secara umum maupun secara menyeluruh. Ada banyak faktor yang mempengaruhi itu, contohnya seperti kurangnya sumber daya, sulitnya akses teknologi, biayanya yang mahal, dll. Salah satu cara untuk meminimalisir faktor tersebut adalah memberikan beberapa alternatif untuk memberikan dampak yang positif bagi semua orang.
Maka dari itu Team Pengabdi melakukan kegiatan berupa pelayanan masyarakat yang khusus memberikan materi tentang cara memanfaatkan software computer sebagai media belajar untuk anak-anak sekolah dan guru pengajar. Tujuannya supaya para guru dapat mengerti cara menggunakan dan memanfaatkannya dengan baik untuk memberikan materi kepada anak-anak / murid sekolah. Nantinya, para guru dapat memahami desain yang bagus dan pembawaan materi yang menarik untuk anak-anak / murid sekolah
References
Astuti, A. D., Nurun Ni’mah, & Dedy Setyawan. (2024). Pelatihan Penyusunan Modul Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) Dalam Kurikulum Merdeka. Bijaksana: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(2), 17–21.
Media Lab. (n.d.). Scratch - Halaman Utama. Diakses pada 19 Februari 2024, dari https://scratch.mit.edu
Quizizz. (n.d.). Beranda. Diakses pada 19 Februari 2024, https://quizizz.com/?lng=idMIT
Ramliyana, R., Ramdhan, V. (2021). Penerapan Aplikasi Berbasis Smartphone Quizizz Dalam Pembelajaran Online Di Era New Normal
Widyanto, A., Permata Putri, M., Sri Handayani, F., Yunifa, W., Adelin, Veronica, M., Sulaiman, A., Agung Darmawan, M., Amelia Putri, D., Reza, K., Oktariyani, P., & Ainun, N. (2024). Implementasi Proyek P5-Berekayasa dan Berteknologi Melalui Pengenalan Dasar Pemrograman Scratch Bagi Siswa SMP Bina Cipta Palembang. Jurnal Pengabdian Masyarakat Mandira Cendikia, 3(1), 557–564.